Facebook | Contact Us Copyright 2011. www.softkid.net . All Right Reserved

,



Reproduksi Kambing dan Domba

Kambing dan domba betina mencapai pubertas pada umur 5-7 bulan.Panjang siklus berahi kambing dan domba antara 18-22 hari atau dengan rata-rata 21 hari dengan lama berahi 24-48 jam Kambing dan domba mengalami ovulasi menjelang akhir estrus atau sekitar 24-26 jam setelah berahi Tiap ovulasi kambing dan domba mengovulasikan 1-3 sel telur Kambing dan domba mengalami partus atau melahirkan pada umur 150
hari kebuntingan Kidding dan lambing interval pada kambing dan domba mencapai 240
hari dengan indek reproduksi kambing dan domba betina mencapai 1,6 anak/betina/tahun. Kambing dan domba betina mulai dikawinkan umur 12 bulan Kambing dan domba mencapai pubertas pada umur 4-6 bulan ditandai dengan mulainya proses permatogenesis. Proses spermatogenesis merupakan proses produksi spermatozoa di dalam testis pada bagian tubuli seminiferi Kambing dan domba menghasilkan semen dengan volume 0,8 – 1,2 ml per ejakulasi. Konsentrasi spermatozoa mencapai 2000-3000 juta per ml dengan motilitas progressive 60-80% dan abnormalitas 5-20%

Factor-faktor yang mempengaruhi pubertas
Overfeeding akan berkurang kesuburan dan merusak perkembangan berikutnya kelenjar susu dan, oleh karena itu, perhatian harus diambil untuk menghindari overfeeding.
Energi dan protein pengaruh pembatasan usia pubertas, dengan pembatasan energi memiliki pengaruh lebih besar pada menunda pubertas dari pembatasan protein.
Dalam bibit domba dan kambing paling, pencapaian pubertas tergantung pada pencapaian berat badan yang memuaskan, biasanya antara 40 dan 70% dari berat badan dewasa..
Umur, berat dan tingkat pertumbuhan tampaknya akan berinteraksi dalam menentukan proses pubertas.. Secara umum, tingkat pertumbuhan yang lebih cepat akibat pesawat yang lebih tinggi memungkinkan gizi anak-anak untuk mencapai pubertas pada usia yang lebih muda dan berat badan lebih berat daripada anak-anak dipelihara pada pesawat yang rendah gizi.

Artikel Terkait:


Related Articles



0 Response to "Reproduksi Kambing dan Domba"

Poskan Komentar