Facebook | Contact Us Copyright 2011. www.softkid.net . All Right Reserved


cara merubah MAc address windows

Pernah punya problem ingin terkoneksi ke dalam jaringan wireless kantor sendiri? namun hanya beberapa laptop yang diberi akses?… berarti problem kita sama. :D

Walaupun tujuan kita baik *cih*, yaitu tetap dapat mengerjakan pekerjaan kantor (me-remote PC di meja kerja dari tempat meeting red.) di tengah meeting tidak jelas yang menyita waktu. Namun ada aturan yang mau tidak mau aturan tersebut berbenturan dengan niat baik kita.

Untuk kasus di tempat kerja saya, akses ke jaringan wireless hanya diperbolehkan kepada laptop kantor dan beberapa laptop supervisor yang telah terdaftar. Akses diberikan dengan mendaftarkan MAC address wireless card laptop.

Demi pekerjaan yang tidak bisa ditinggal… :P

Akhirnya terpikirkan untuk melakukan cloning MAC address laptop yang sudah terdaftar pada jaringan wireless. Mungkin gitu? bukannya MAC address itu hardcoded dalam card wireless? setelah melakukan googling, akhirnya ditemukan cara untuk merubah MAC address pada NIC, tidak terbatas pada wireless network card saja.

Bagaimana caranya? silakan baca tutorialnya berikut ini. :D

1.
Buka command prompt (Run | “cmd”). Ketik “ipconfig /all”.
Akan muncul hasil berupa list network card beserta mac address masing-masing. Yang perlu diperhatikan adalah description untuk NIC wireless. Untuk kasus ini adalah “Intel(R) PRO/Wireless 2200BG Network”.
2.
Jalankan Regedit (Run | “regedt32"). Masuk ke direktori registry berikut:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet \Control\Class\
Cari sebuah subkey berjudul “{4D36E972-E325-11CE-BFC1-08002bE10318} “. Telusuri sub-key yang ada didalamnya (0000 s/d XXXX). Cari sebuah key DriverDesc dengan nilai sama dengan nilai description pada nomor 1 (lihat nomor sebelumnya). Dalam contoh ini DriverDesc yang saya cari adalah “Intel(R) PRO/Wireless 2200BG Network“.
3. Tambahkan sebuah entry key bertipe string. Beri nama “NetworkAddress”, kemudian masukan nilai MAC address (12 digit) yang kita inginkan. :D

rubah registry
Sampai pada tahap ini MAC address wireless card anda belum berubah.
4.
Lanjutkan dengan melakukan Disable dan Enable network card yang hendak kita rubah tadi. Dan selesai… hasilnya adalah..
Gambar MAC address yang telah dirubah

Seharusnya dengan merubah MAC address sesuai dengan MAC address laptop yang telah terdaftar dalam jaringan wireless, maka laptop anda pun dapat terkoneksi dengan jaringan wireless tersebut.

Artikel Terkait:


Related Articles



1 Response to "cara merubah MAc address windows"

  1. tank mas atas ilmunya mudah-mudahan bermanfaat amiiinnnn

Posting Komentar